Seputar Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online

Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) merupakan sistem yang dibuat dan dikelola oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BANPT )https://banpt.or.id/ untuk efisiensi dan efektifitas pelaksanaan akreditasi perguruan tinggi dan akreditasi program studi perguruan tinggi di Indonesia.

Berdasarkan surat Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT Nomor 996/BAN-PT/LL/2017, tgl. 21 Februari 2017, serta menindaklanjuti surat No: 335/BAN-PT/LU2017,tanggal 26 Januari 2017 perihal Pelaksanaan Akreditasi Tahun 2017, bahwa BAN-PT akan menerapkan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) berbasis instrument yang berlaku saat ini mulai 1 Juni Tahun 2017.

SAPTO merupakan sistem yang terintegrasi dengan Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) melalui http://forlap.dikti.go.id , yang akan memudahkan BAN PT dan Perguruan tinggi untuk berinteraksi didalam sistem SAPTO.

SAPTO menghubungkan Perguruan tinggi dengan BAN PT dan juga dengan Asesor, yang mana ketiganya merupakan user utama dalam penggunaan SAPTO. Melalui SAPTO perguruan tinggi dengan mudah dapat mendaftarkan Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi untuk di Akreditasi. Selanjutnya setelah proses pendaftaran dan pengupload data borang selesai, maka BAN PT melalui akunnya akan mengarahkan berkas yang sudah di upload untuk dilakukan asesmen kecukupan secara online ke masing-masing asesor yang ditentukan langsung oleh BAN PT. Sesudah itu akan dilanjutkan dengan Asesmen Lapangan dimana Asesor BANPT yang akan berkunjung ke PT dan Prodi bersangkutan. Sesudah semua proses dilaksanakan dan dinilai, makan Perguruan tinggi dapat mengecek perkembangan akreditasinya melalui operator SAPTO Perguruan Tinggi.

Demikian untuk diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *