Porostimur.com, Ambon – Direktur Politeknik Negeri Ambon Periode 2022-2026 Dady Mairuhu, ST, MM menyatakan keteguhannya dalam memimin institusi pendidikan berbasis vokasi itu kedepan.

Tekad ini sebagaimana visi yang diembannya, yakni: Menjadikan Politeknik Negeri Ambon Sebagai Kampus Rujukan Teknologi Terapan Di Indonesia Timur Yang Berdaya Saing Nasional Pada Tahun 2026″

Kepada jurnaalis porostimur.com yang mewawancarainya di Ambon, Kamis (7/7/2022), Mairuhu mengatakan, visi tersebut merupakan pandangan atau wawasan kedepan Politik Negeri Ambon dan sebuah cita cita atau nilai prinsip dengan wawasan jauh ke depan demi tercapainya tujuan pendidikan di kampus itu.

Mairuhu bilang usai dilantik untuk masa jabatan keduanya, sejumlah langkah langkah konkret mulai dilakukan, sebagai usaha untuk mewujudkan visi yang diemban, termasuk menyiapkan rencana program tahun 2022-2026

“Sebagai perwujudan langkah-langkah menuju visi yang dicanangkan, maka perlu pejabaran konkret ke dalam misi dan program kerja prioritas,” ujarnya.

Mairuhu menjelaskan, untuk mewujudkan visi Politik Negeri Ambon, maka ada sejumlah misi yang akan dijalankan, antara lain: menyelenggarakan pendidikan vokasi berbasis “Merdeka Belajar – Kampus Merdeka” yang berorientasi pada peningkatan hardskills, softskills dan entrepreneurship lulusan.

Disamping itu, pihaknya juga akan melaksanakan penelitian yang inovatif untuk peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat yang mendukung penguatan ekonomi dan sosial masyarakat, tata kelola institusi untuk mewujudkan zona integritas serta mewujudkan wilayah bebas korupsi/wilayah biroksasi bersih melayani.

Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, sejumlah rencana program 2022 – 2026 pun telah disiapkan, seperti program penyelenggaraan project-based learning dan problem – based learning, peningkatan bahasa Inggris bagi mahasiswa, magang mahasiswa di industri dalam negeri dan magang mahasiswa di luar negeri.

Program berikut yang juga tidak kalah penting dan menjadi prioritas adalah, peningkatan kemampuan bahasa Inggris bagi dosen dan tenaga pendidik, magang dosen di industri dalam dan luar negeri, serta praktis mengajar di kampus.

Sertifikasi kompetensi teknis internasional bagi dosen dan tenaga pendidik dan magang dosen di industri dalam dan luar negeri pun menjadi prioritas Mairuhu dalam membenahi dan memajukan institusi pendidikan itu.

“Sertifikasi kompetensi teknis nasional dan internasional bagi dosen dan tenaga pendidik, pertukaran dosen nasional dan internasional serta peningkatan kemampuan riset terapan bagi dosen dan tenaga pendidik juga menjadi prioritas kita,” kata Mairuhu.

“Selain itu, peningkatan kualitas publikasi dosen, peningkatan produk hasil riset terapan yang mendapat paten, HAKI dan pengakuan lainnya serta peningkatan predikat akreditasi prodi ke akreditasi unggul/internasional,” imbuhnya.

Mairuhu menjelaskan, pihaknya juga segera membuka program pendidikan D2 fast – track kerjasama dengan SMK dan DUDI, upgrading Program Pendidikan D3 ke D4 serta membuka program joint degree/double degree dan S2 terapan.

“Pembukaan prodi baru D4, peningkatan peran penjaminan mutu, perubahan status menjadi BLU dan pembentukan forum cendikia Politik Negeri Ambon juga menjadi prioritas kita di tahun 2022-2022,” papar Mairuhu.

“Kuta juga akan membentuk unit kerjasama internasional (OIA = OFFICE OF INTERNASIONAL AFFAIRS), pembentukan unit magang magang dan karier, pembentukan unit pengembangan minat, bakat dan technopreneurship) mahasiswa serta membangun kerja sama dengan institusi pendidikan QS100,” sambungnya.

Selain itu, pihaknya juga akanmembangun kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri (BUMN, BUMD, swasta) dan pemerintah, mendorong partisipasi mahasiswa dalam lomba minat bakat nasional dan internasional, serta melaksanakan lomba/seminar/workshop pengembangan minat dan bakat mahasiswa.